Beranda » Artikel Terbaru » Apa itu Consumer Research dan Prosesnya

Apa itu Consumer Research dan Prosesnya

Diposting pada 24 December 2021 oleh admin | Dilihat: 3 kali | Kategori:

Consumer research atau lebih gampangnya riset konsumen itu salah satu bagian yang penting dalam sebuah bisnis. Riset ini dilakukan untuk mengetahui produk apa yang sesuai dengan target konsumen ini itu. 

Kalau dilihat si memang sepele namun ini sangat berdampak pada penjualan produk setelah bisnis berjalan. Untuk mengetahui lebih lanjut apa itu consumer research dan bagaimana alurnya, yuk kita simak bersama..

Apa itu Consumer Researchapa itu Consumer research

Pengertian Consumer research yaitu sebuah praktik untuk mengidentifikasi preferensi, perilaku, motivasi dari produk apa yang dibeli oleh konsumen.

Tujuannya cukup jelas yaitu untuk membuat konsumen semakin puas. Tingkat kepuasan semakin tinggi maka pertumbuhan bisnis semakin baik. 

Sebagai contoh, perusahaan skincare meluncurkan produk baru jenis pelembab. Selang beberapa bulan mereka melakukan riset konsumen dengan mencari tahu masalah, perilaku konsumen dan produk yang paling banyak terjual.

Perusahaan tentu punya banyak masukkan dalam bentuk kritik dan saran sehingga memang membantu untuk meningkatkan produk sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Setelah masalah terungkap maka produk dengan pembaharuan bisa menjawab keluhan pelanggan sehingga merasa puas atas apa yang memang dibutuhkan.

Proses Dalam Consumer Research

Berikut ini proses dalam consumer research yang perlu kamu tahu sehingga tidak hilang arah dalam melakukan riset. 

  1. Menetapkan Tujuan :: Tujuan dari customer research jelas untuk mengetahui masalah yang terjadi pada pelanggan. Tuliskan informasi apa saja yang dibutuhkan perusahaan. Dengan outputnya nanti memperbaiki masalah tersebut agar pertumbuhan bisnis semakin OK.
  2. Rencanakan Penelitian :: Perencanaan penelitian bisa dibicarakan dengan metode apa. Misalkan saja metode wawancara pengguna produk. Maka sebisa mungkin membuat pertanyaan untuk outputnya meningkatkan pertumbuhan bisnis. Data yang didapatkan juga harus akurat tanpa adanya pemalsuan. Ini akan berdampak pada penjualan produk selanjutnya.
  3. Identifikasi masalah :: Sebagai konsumen yang sudah memakai produk biasanya ada kesan dan pesan yang ingin disampaikan secara langsung bagi perusahaan. Mulai dari masalah, evaluasi dan rasa puas. Dengan identifikasi ini, perusahaan akan tahu bagaimana cara untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.
  4. Pilih Metode Research :: Banyak metode yang bisa dilakukan untuk  consumer research. Dari mulai wawancara, survei, kuesioner dan diskusi. Semua metode ini bisa dilakukan secara online maupun offline sehingga memudahkan konsumen untuk ikut andil di dalamnya
  5. Pengumpulan Data :: Sebisa mungkin untuk mempermudah pengumpulan data agar saat nanti bisa mudah dibuat perbandingan dan golongan apa saja yang membutuhkan ekstra perlakuan.
  6. Hasil Penelitian :: Hasil penelitian ini berwujud angka statistik agar memudahkan untuk membaca. Mengubah hasil penelitian sehingga lebih objektif.
  7. Laporan :: Yang terakhir dibuat laporan. Isi laporan ini bentuknya berupa tulisan maupun lisan. Dari hasil yang sudah tercatat, masalah yang menjadi hambatan konsumen sebelumnya bisa menghasilkan solusi memperbaiki produk dimasa mendatang. maka dari itu laporan ini harus benar-benar real dari data yang sudah dikumpulkan.

Consumer research sangat dibutuhkan bagi perusahaan dalam memperbaiki produk sehingga menciptakan kepuasan pelanggan.

Kamu punya bisnis? Yuk segera lakukan consumer research untuk mengetahui seberapa puas pelanggan atas produk kamu saat ini.

Bagikan

Apa itu Consumer Research dan Prosesnya | Jilbab Instan

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Operational

Buka jam 08.00 s/d jam 16.00
Minggu & tanggal Merah Libur

Chat via Whatsapp
Rini
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Rini
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja