Beranda » Tulisan Terbaru » Cara Meningkatkan Imunitas di Masa Pandemi Covid-19

Cara Meningkatkan Imunitas di Masa Pandemi Covid-19

Diposting pada 20 September 2021 oleh admin | Dilihat: 6 kali | Kategori:

Cara Meningkatkan Imunitas di Masa Pandemi Covid-19 – Di tengah pandemi COVID-19, banyak yang mengambil tindakan pencegahan tambahan untuk tetap memiliki kondisi tubuh yang sehat dan prima. Mencuci tangan selama 20 detik, memakai masker, hingga menjaga jarak sosial adalah kunci untuk mencegah penyebaran virus. Selain itu, perlu juga menerapkan berbagai cara meningkatkan imunitas dengan menjalani hidup yang lebih sehat.

Jika kamu menyadari bahwa kamu sering sakit, merasa lelah, atau memiliki gejala gangguan lain yang tidak dapat kamu ketahui, itu mungkin berarti sistem kekebalan tubuhmu sedang melemah. Wah lumayan menakutkan sih pastinya jika imun tubuh tidak stabil di masa pandemi COVID-19 seperti saat ini. Untuk itu, agar kamu bisa menjaga imun tubuh tetap stabil, kamu bisa mengetahui cara meningkatkan  imunitas tubuh melalui artikel ini.

8 Cara Menjaga dan Meningkatkan Imunitas Tubuh

imunitas waktu covid

Menurut kamu apa Itu Sistem Kekebalan (imunitas) Tubuh? Sistem imun adalah pertahanan tubuh terhadap infeksi. Sistem kekebalan berfungsi untuk menyerang kuman dan membantu kita tetap sehat. Begitu pentingnya sistem kekebalan tubuh tersebut, berikut ini cara meningkatkan imunitas yang dapat kamu lakukan.

  1. Makan makanan yang seimbang

Mengkonsumsi makanan yang seimbang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh yang meningkat pada akhirnya dapat mencegah virus masuk pada tumbuhan kamu.

Kamu juga perlu mengonsumsi makanan untuk meningkatkan imun tubuh, seperti:

  • Jeruk
  • Paprika
  • Brokoli
  • Bayam
  • Bawang putih
  • Jahe
  • Yogurt
  • Kunyit
  • Pepaya
  • Buah kiwi
  • Sop ayam
  1. Tidur yang cukup

Sadar atau tidak, tidur dengan cukup bisa membuat kondisi imun lebih stabil. Orang yang memiliki jatah tidur cukup memiliki kondisi imun  lebih baik dibandingkan dengan mereka yang memiliki pola tidur yang buruk.

Oleh karena itu jika kamu menginginkan kondisi ilmuwan yang stabil dan baik pastikan untuk tidak bergadang ya!

  1. Berolahraga secara teratur

Olahraga dipercaya dapat menjaga metabolisme tubuh dalam kondisi baik. Selain itu olahraga yang dilakukan saat teratur dapat menjaga tubuh kamu dari serangan virus ataupun bakteri.

Di masa pandemi covid 19 alangkah kerja kamu melakukan olahraga secara rutin minimal dua sampai tiga kali dalam satu minggu.

  1. Cuci tanganmu

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa cara paling awal untuk mencegah bakteri masuk pada tubuh adalah dengan rajin mencuci tangan. Cuci tangan dapat membunuh kuman yang menempel pada tubuh utamanya ketika kamu selesai melakukan aktivitas di luar ruangan.

  1. Melakukan vaksin

Vaksin juga menjadi salah satu cara efektif untuk menjaga imunitas tubuh. Vaksin akan membuat kekebalan tubuh kamu menjadi lebih baik lagi dibandingkan jika kamu tidak melakukan vaksin.

  1. Mengkonsumsi suplemen daya tahan tubuh

Setalah menjaga pola asupan makan, pola tidur, hingga olahraga maka cara meningkatkan imunitas tubuh yang lainnya juga dapat dilakukan dengan mengkonsumsi suplemen daya tahan tubuh.

Untuk mendapatkan suplemen daya tahan tubuh yang tepat bagi tubuh kamu, sebaiknya kamu meminta resep kepada dokter terlebih dahulu.

  1. Pertahankan berat badan

Mempertahankan berat badan yang ideal makan membantu kondisi tubuh lebih sehat dan tidak mudah merasa letih saat beraktivitas. Untuk mendapatkan berat badan ideal usahakan kamu menghindari makanan yang mengandung minyak. Kurangi mengkonsumsi karbohidrat dan perbanyak konsumsi protein, sayuran dan buah-buahan.

  1. Jangan merokok

Pada banyak penelitian menyebutkan jika rokok menjadi penyebab dari beberapa penyakit kronis seperti paru-paru basah, bronkitis hingga asma. Efek penyakit yang ditimbulkan akibat merokok ini akan memperparah kondisi apabila kamu terkena virus atau bakteri. Merokok  justru dapat melemahkan imunitas tubuh kamu di masa pandemi.

Baca juga: Cara mengatasi Status delivered JNE tapi belum terima barang

Tanda-tanda Kamu Mempunyai Imunitas Tubuh yang Lemah

Setalah mendapatkan informasi seputar cara meningkatkan imunitas tubuh, penting buat kamu untuk mengetahui bagaimana tanda-tanda uh manusia yang memiliki imunitas lemah. Mengetahui hal ini dapat membuat kamu lebih siaga untuk melakukan peningkatan  dan pemulihan agar tubuh kembali sehat. Adapun tanda-tanda kamu mempunyai imunitas lemah adalah berikut ini

  1. Mempunyai Tingkat Stres Sangat Tinggi

Dalam laporan American Psychological Association, dijelaskan jika stres jangka panjang berpotensi melemahkan respons sistem kekebalan tubuh kamu loh. Hal tersebut dikarenakan stres yang terjadi berulang-ulang (berkepanjangan) akan menurunkan limfosit tubuh, dan sel darah putih. Padahal sel darah putih dan Limousine tubuh bermanfaat untuk membantu melawan infeksi. Semakin rendah tingkat limfosit kamu, maka, semakin berisiko kamu terkena virus seperti flu dan lain sebagainya.

  1. Kamu Memiliki Banyak Masalah Perut

Jika kamu sering mengalami diare, buang gas atau sembelit, itu bisa menjadi tanda bahwa sistem kekebalan tubuh kamu terganggu .Penelitian menunjukkan bahwa hampir 70 persen dari sistem kekebalan terletak di saluran pencernaan .

Bakteri dan mikroorganisme menguntungkan yang hidup di sana mempertahankan usus dari infeksi dan mendukung sistem kekebalan tubuh. Jumlah bakteri baik pada usus yang jumlahnya terlalu rendah dapat membuat kamu berisiko terkena virus, peradangan kronis, dan bahkan gangguan autoimun .

  1. Luka Kamu Lambat Sembuh

Jika kamu Mempunyai atau mengalami luka bakar, terpotong, atau tergores, maka umumnya tubuh akan bekerja untuk melindungi luka dengan mengirimkan darah yang kaya nutrisi ke luka untuk membantu regenerasi kulit baru.

Proses penyembuhan ini tergantung pada seberapa sehat  sel-sel kekebalan tubuh kamu. Apabila sistem kekebalan kamu lesu, kulit tidak dapat berregenerasi. Pada akhirnya,, luka kamu sulit disembuhkan.

  1. Selalu Pilek dan Merasa Lelah Sepanjang Waktu

Umumnya rasa lelah pada tubuh akan hilang setelah kamu cukup beristirahat. Sama halnya dengan flu akan sembuh setelah 7-10 hari. Apabila setelah 7 Hingga 10 hari tidak kunjung sembuh dan tubuh terus merasa kelelahan maka ini adalah tanda-tanda imunitas tubuh melemah.

Bagikan

Cara Meningkatkan Imunitas di Masa Pandemi Covid-19 | Jilbab Instan

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Operational

Buka jam 08.00 s/d jam 16.00
Minggu & tanggal Merah Libur

Chat via Whatsapp
Rini
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Rini
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja