Beranda » Tulisan Terbaru » Manfaat dan waktu yang Pas Berjemur Sinar Matahari Pagi

Manfaat dan waktu yang Pas Berjemur Sinar Matahari Pagi

Diposting pada 2 February 2021 oleh admin | Dilihat: 29 kali | Kategori:

Sinar Matahari PagiBerjemur dibawah sinar matahari pagi sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian orang. Wabah virus Corona membawa kebiasaan baru bagi orang-orang berjemur pagi.

Anggapan tentang berjemur bisa menghindarkan dari virus corona itu salah besar. Yang benar adalah berjemur bisa meningkatkan imunitas sehingga daya tahan tubuh lebih kuat terhadap beberapa penyakit.

Waktu yang tepat untuk berjemur adalah jam 09.00-11.00 wib bukan dibawah jam sembilan pagi. Dan dilakukan selama 15 menit saja. Waktu tersebut sangat bagus untuk memproduksi vitamin D3 dalam jumlah banyak, namun butuh hati dan ginjal untuk mengaktifkan menjadi vitamin D yang dibutuhkan bagi tubuh.

Usahakan ketika berjemur sinar matahari mengenai bagian wajah, tangan, kaki dan punggung sehingga seluruh kulit bisa terkena sinar ultraviolet B.

Sederet manfaat berjemur sinar matahari pagi juga telah banyak dituliskan oleh praktisi, akademisi dan ahli yang sangat bagus untuk tubuh kita.

Baca lainnya: Kenali Bahan Spandek

Berikut ini 6 manfaat sinar matahari pagi

1. Kaya Akan Vitamin D

Vitamin D yang ada dalam tubuh tidak bisa aktif begitu saja. Butuh rangsangan Ultraviolet B yang bisa didapatkan dari sinar matahari.

Dengan aktifnya vitamin D, maka sistem imun menjadi lebih kuat. Begitu pula dengan tulang dan gigi yang bertambah kuat dengan adanya vitamin D.

2. Menambah Kebahagiaan

Kalau dilihat secara fisik sinar matahari tidak ada hubungannya dengan bahagia, tetapi dengan adanya sinar matahari bisa memperbanyak produksi hormon serotonin atau yang bisa disebut hormon bahagia.

Jadi dengan berjemur sinar matahari pagi membuat kebahagiaan meningkat seiring dengan bertambahnya hormon serotorin. Begitu ya kira-kira untuk lebih mudahnya.

3. Mencegah Diabetes

Anda perlu tahu jika sinar matahari juga bisa mencegah diabetes secara tidak langsung. Ini dikarenakan sinar matahari bisa mengatur hormon insulin sehingga bisa bekerja dengan baik.

4. Mengurangi Resiko terkena Kanker

Kekurangan vitamin D bisa berpotensi penyakit kanker. Maka dengan berjemur sinar matahari bisa mengurangi potensi tersebut.

Perlu diperhatikan dalam berjemur tidak perlu waktu lama, karena dengan waktu lama bisa juga menyebabkan kanker.

5. Menjaga Pola Tidur

Manfaat selanjutnya adanya menjaga pola tidur. Bagi orang dewasa mungkin berjemur tidak berdampak efektif untuk menjaga pola tidur tetapi bagi si kecil ini sangat ampuh. Dengan adanya sinar matahari, hormon melatonin semakin bertambah. Ini adalah hormon yang bertugas untuk menjaga pola tidur, jadi kualitas tidur tetap pada jalurnya.

6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Seperti yang sudah dibahas diawal artikel ini, Sinar matahari bisa meningkatkan imunitas dan terhindar dari penyakit dan virus.

Bagi bayi, tidak hanya meningkatkan kekebalan tetapi juga menghindarkan dari penyakit kuning. penyakit kuning banyak disebabkan karena kurang ASI dan kurang vitamin D. Maka untuk mengatasinya bisa dengan berjemur sinar matahari pagi.

Nah itulah waktu dan manfaat berjemur sinar matahari pagi yang perlu anda ketahui. Sebenarnya masih banyak manfaat lainnya yang bisa didapatkan. Mungkin bisa sambung lain waktu dengan bahasan yang lebih lengkap.

Jika ada salah mohon maaf, Semoga bermanfaat…

Bagikan

Manfaat dan waktu yang Pas Berjemur Sinar Matahari Pagi | Jilbab Instan

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Operational

Buka jam 08.00 s/d jam 16.00
Minggu & tanggal Merah Libur

Chat via Whatsapp
Rini
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Rini
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja